Menaklukkan Search Engine, mendatangkan Visitor ( SEO Ala Newbie)

ads


 
 
Optimasi Blog
Optimasi sepertinya kata-kata yang sangat memerlukan sesuatu keahlian, benar saja namun pada kategori newbie seperti kita, mungkin ini adalah menjadi sesuatu kendala yang bahkan membuat kita harus belajar dan belajar terus bagaimana  sebenarnya hal itu harus dilakukan dan itu sangat penting sekali, namun hal inilah salah satu yang menjadi kendala bagi seorang pemula, sebab diluar sana banyak bertebaran tehnik-tehnik yang para master lakukan untuk kita aplikasikan namun sangat sulit dalam hal praktek sebenarnya, bahkan kita disibukkan oleh informasi yang dimuat oleh seorang copaser yang notabene adalah keahliannya sama dengan kita sendiri. Untuk itu lakukanlah Optimasi Ala anda sendiri, baik itu dari segi tampilan, navigasi dan lainnya namun usahakan agar tidak membuat blog menjadi berat. Jika hal itu sudah terselesaikan tidak ada salahnya membaca kembali, seperti mengasah semakin diulang semakin tajam, tapi awas jangan keterlaluan, ntar besinya habis.

Buat Artikel
Artikel atau tulisan, sebenarnya dengan kemampuan ini saja kita dapat kuasai, maka hal lainnya adalah nomor 2, namun artikel yang kita tulis haruslah kita pahami dan benar-benar bermanfaat bagi orang lain. Mudah bukan? Tinggal copy saja dari blog sebelah, lalu posting. Gitu aja kok repot. Inilah anggapan yang salah bagi para blogger, sebenarnya search engine sangat tidak menyukai hal ini, lalu bagaimana mereka tau bahwa kita copaser? Jelas saja setiap artikel yang baru dipublish akan sesegera mungkin dirayapi Robot piaraan mereka dan memasukkannya kedalam database mereka, dan saat kita mempublish sebuah artikel hasil copy, maka sudah dipastikan mereka tau, terlebih sekarang mereka semakin ketat, memeriksa isi dari pragraf 1 hingga terakhir. Hal inilah yang membuat blog dipandang sebelah mata, dan untuk kasus berat mereka kadang mencampakkan blog tersebut kedalam sandbox , ibarat blog kita sebuah jarum yang dijatuhkan segundukan jerami.
            Maka buatlah artikel yang unik, dan anda pahami, jika belum dikuasai silahkan cari referensi lainnya digoogle, namun ingat jangan pernah copy paste, buatlah menjadi unik, dan dapat dengan mudah dipahami para visitor anda, atau arahkan mereka ke referensi lainnya yang berhubungan dengan pokok bahasan.

Disiplin /Posting Terjadwal
Dimana-mana disiplin itu sangat berguna untuk tujuan yang sangat baik. Begitu juga dengan disiplin dalam ngeblog. Sebuah contoh, pengunjung tetap anda akan kembali keblog tersebut, dengan harapan mereka mendapatkan informasi baru dan bukan yang itu-itu saja. Begitu juga dengan search engine mereka juga disiplin dalam merayapi setiap web, dengan waktu yang terjadwal dan disiplin. Percayalah anda saja ketika makanan berlimpah dan dicocolin sebanyak-banyaknya dengan tujuan agar esok tidak makan lagi, adalah hal yang menyiksa diri (apa hubungannya ya?) begini mungkin pada saat ada semangat-semangatnya mau buat blog Meshotelioma, dan terbayang BPK yang tinggi, maka akan timbul semangat membuat artikel sebanyak mungkin, cari referensi sana-sini, bahkan beli artikel, namun apa kata dunia, saingan begitu banyak, pengunjung tak kunjung datang, ada pun yang klik iklan namum membuat jantungan sebab kunjungan Cuma 5 page kliknya dapat 1,  kan bikin jantungan, kira-kira dapat surat cerai gak nih ya?, Makanya jangan pasang dulu Ads mereka sebelum visitor ramai. 


Oke kembali ke kata disiplin dalam membuat postingan secara terjadwal, buatlah post anda sesuai dengan kemampuan anda untuk ngepost seperti itu juga untuk esok hari, atau dua hari kemudian, atau bahkan seminggu kemudian. Jika anda mendapat sebuah ide yang berlimpah hari ini, silahkan tulis saja dan schedule untuk esoknya atau esoknya terserah anda. Sehingga saat robot merayapi blog tersebut mereka tau kapan anda membuat postingan baru, dan juga mereka akan mengganggap anda disiplin dan patut dipertimbangkan untuk dilemparkan ke halaman 1 (enak toh). Daripada dilempar ke jurang terdalam kesepian dan hanya anda yang menemaninya.  Referensi buatlah postingan 1 setiap hari, namun jika post anda berlimpah 5 perhari juga tidak apa-apa.
Hal ini memang sangat sulit dilakukan, saya juga berharap ingin ngepost  ini ,setiap ini hari, pada jam ini. Sebab jika hal itu terjadi maka bukan hanya pada blog saya yang akan berubah, namun disiplin bagi diri tanpa kita sadari akan berubah, berarti faedahnya berganda, bukan hanya untuk blog namun dalam kehidupan sehari-hari.

Fokus
Kata fokus ini adalah sebuah kunci yang sangat banyak peranannya dalam pengaplikasian sesuatu hal yang akan dilakukan. Saya pernah melihat dikehidupan nyata, dan bahkan pada diri saya sendiri hal ini juga terjadi, dimana sebenarnya saya tidak dapat memilih titik fokus yang tepat pada bidang apa saya harus bekerja.
Buka toko, ada orang yang mau ngetik terima, ada orang yang ngantar prin rusak sambar, ada pc yang rusak sambar juga, bahkan ada tv rusak terima juga, pulang rumah liat sepanjang jalan tanaman cabai bagus-bagus, ikutan ah, lewat jembatan ada kolam ikannya gemuk-gemuk, atasnya kandang ayam, coba dulu deh, itung-itung sebagai usaha sampingan, memang tidak ada salahnya jika kita mampu, mengerjakan seluruh pekerjaan tersebut dan membagi waktu kita untuk hal itu. Namun jika kita tidak mampu, lebih baik pilih satu saja, dari pada nantinya kelantar semua.
Kembali ke pembahasan, Fokus pada blog adalah dimana kita memfokuskan diri pada keyword yang ditembak, bagi pemula inilah hal yang agak sulit untuk mengikuti niche blog, namun para master-master atau moster kadang juga mereka tidak fokus terhadap niche dan keyword mereka, hal inilah yang harus kita rubah, karena saya pemula saya akan memilih Cara beternak Ayam, dari pada Cara Beternak, hal ini berguna untuk memfokuskan diri pada tulisan cara beternak ayam dan nantinya yang dibahas adalah pakan ayam, kandang ayam, perawatan ayam, serta segala hal yang berhubungan dengan ayam, pastinya tidak akan ada lagi kata memandikan kerbo disana.
Blog seperti ini memang tidak langsung mendapat visitor, namun sisi baiknya seiring waktu dia akan didatangi pengunjung yang juga terfokus kemudian mereka akan kembali lagi, yang membuat kungjungannya sangat stabil, walau memang terlihat blog gado-gado lebih banyak pengunjungnya tetapi tidak stabil naik turun.


Add Url
Bagikanlah Url anda, dengan fasilitas add url yang banyak bertebaran sebaga sarana promosi, serta untuk mendatangkan backlink berkunjunglah keblog orang  dan berikan komentar disana sertakan link anda, atau juga dengan fasilitas tukeran link, bagikan juga ke sosial media dan fasilitas lainnya dimana anda melihat hal yang strategis untuk kunjungan balik ke blog anda.

Masih banyak lagi tehnik-tehnik SEO, namun sebenarnya jika kita dapat melakukan hal ini, tidak akan sulit lagi untuk menambahkan bumbu-bumbu lainnya untuk menggenjot traffik. Lalu Bersabar, berdoa, disiplin kemudian saksikanlah visitor yang datang (ingat mereka adalah raja jadi berikanlah yang terbaik, artinya mereka mendapat solusi dan jawaban atas apa yang mereka cari), google sangat senang jika pengunjung datang secara natural dari keyword yang mereka ketikkan di search engine dan berkunjung keblog anda melalui link tersebut, lain halnya dengan yang datang dari hasil optimasi contohnya dari facebook, mereka tidak mengatakan ini traffik organik .